Inilah 10 Fakta Tentang H0rm0n Dopamin yang Sudah Dijelaskan Para Pakar Kesehatan.....!!!



Agar dapat berfungsi optimal, tubuh manusia memerlukan beragam h0rm0n, salah satunya adalah dopamin.

H0rm0n dopamin merupakan kimiawi organik yang memiliki peran penting pada otak dan tubuh secara keseluruhan.

Berikut beberapa fakta penting tentang h0rm0n dopamin yang perlu diketahui:


  • H0rm0n dopamin pada otak berfungsi sebagai zat kimia pembawa pesan antara sel saraf. H0rm0n ini dapat meningkat ketika terjadi aktivitas tertentu yang berkaitan dengan hal bahagia atau dipicu beberapa jenis obat-obatan.
  • H0rm0n dopamin berpengaruh pada rasa menyenangkan dari jatuh cinta, gembira, motivasi, dan rasa percaya diri. Meski demikian, jika hal tersebut berlangsung berlebihan bisa berbahaya.
  • Seorang psikolog menuturkan kemungkinan h0rm0n dopamin yang memengaruhi perilaku seseorang. Pada orang dengan sistem dopamin yang aktif, maka perilakunya akan lebih positif dan bersemangat dalam mewujudkan cita-cita dalam berbagai sisi kehidupan.
  • Pada pembuluh darah, h0rm0n dopamin di tingkat yang normal akan berfungsi sebagai vasodilator yaitu menjaga pembuluh darah tetap lebar. H0rm0n dopamin pada ginjal akan meningkatkan pengeluaran natrium dan memperlancar buang air kecil. Selain itu, h0rm0n dopamin juga akan memengaruhi fungsi sistem pencernaan dan sistem imunitas tubuh.
  • Tubuh akan berusaha menjaga keseimbangan h0rm0n dopamin. Studi ilmiah menunjukkan, terlalu banyak h0rm0n dopamin pada otak dapat meningkatkan risiko gangguan mental skizofrenia. Sebagian obat antipsikotik yang mengatasi gangguan mental, diketahui berfungsi menekan h0rm0n dopamin.
  • Sebaliknya, penyakit Parkinson dianggap sebagai akibat dari h0rm0n dopamin yang terlalu rendah pada bagian otak tertentu. Obat-obatan yang dapat digunakan sebagai pengganti h0rm0n dopamin diberikan untuk memperbaiki kondisi tersebut.
  • Rasa sakit yang berasal dari berbagai tingkat sistem saraf pusat juga dipengaruhi h0rm0n dopamin. Gangguan h0rm0n ini dianggap terkait dengan kondisi kesehatan yang diketahui menyebabkan rasa sakit seperti sindrom mulut terbakar (burning mouth syndrome), sindrom kaki gelisah (restless legs syndrome) dan fibromyalgia.
  • H0rm0n dopamin juga banyak disebut berhubungan dengan beberapa kondisi lain seperti gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (Attention deficit hyperactivity disorder/ADHD). Pada penderita ADHD, akan diberikan obat yang dapat memicu peningkatan dopamin di otak.
  • Obat yang berfungsi sebagai h0rm0n dopamin dapat digunakan sebagai stimulan untuk mengatasi beberapa kondisi. Misalnya tekanan darah rendah, lambatnya detak jantung, dan henti jantung.
  • Sebagian narkoba seperti kokain dan metamfetamina meningkatkan konsentrasi h0rm0n dopamin pada otak dan sebagian lainnya seperti heroin dapat meningkatkan efek bahagia dari dopamin. Kedua hal ini dapat meningkatkan perhatian, ketahanan dan kewaspadaan. Kondisi ini diiringi dengan peningkatan detak jantung dan suhu tubuh hingga berkeringat.


H0rm0n dopamin memegang peranan penting agar tubuh dapat berfungsi optimal. Konsultasikan dengan dokter untuk penggunaan obat sebagai pengganti h0rm0n dopamin.

sumber : www.alodokter.com

0 Response to "Inilah 10 Fakta Tentang H0rm0n Dopamin yang Sudah Dijelaskan Para Pakar Kesehatan.....!!!"

Posting Komentar