Ketauilah Untuk Kamu Para Bunda,,,Inilah Tanda-Tanda Bayimu Alergi Dengan 5u5u Sapi,,,,Penjelasan Dokter Spesiali Anak



Tidak semua bayi bisa diberikan 5u5u formula yang berasal dari 5u5u sapi. Jika bayimu mengalami alergi ini, reaksi dari yang ringan hingga parah bisa muncul selang beberapa menit atau jam usai dia mengonsumsi 5u5u sapi atau asupan apa pun yang terkontaminasi olehnya, termasuk ASI dari ibu yang meminum 5u5u sapi. Kondisi ini disebut alergi 5u5u sapi.

Alergi 5u5u sapi merupakan salah satu jenis alergi makanan yang paling banyak menimpa bayi. Alergi ini biasa disamakan dengan intoleransi laktosa, padahal keduanya merupakan kondisi yang sangat berbeda. Alergi 5u5u sapi terjadi ketika sistem imunitas bayi bereaksi terhadap protein yang terdapat dalam 5u5u, sementara intoleransi laktosa terjadi ketika bayi sulit mencerna laktosa (gula alami pada 5u5u)

Berikut ini adalah tanda-tanda bayimu mengalami alergi 5u5u sapi:

  • Bersin.
  • Muntah.
  • Diare (tinjanya mungkin berdarah).
  • Hidung berair.
  • Mata berair.
  • Muka membengkak.
  • Kulit di sekitar mulutnya muncul ruam atau dia terlihat sering menggaruk area tersebut karena gatal.
  • Berat badannya sulit naik.
  • Sering menangis
  • Konstipasi.
  • Susah makan.
  • Eksim.

Tanda-tanda di atas ada yang bisa muncul seketika atau ada juga yang memakan waktu lebih lama.
Meski jarang terjadi, bayi yang memiliki alergi ini kemungkinan dapat mengalami syok anafilaksis, sebuah reaksi serius yang bisa mengancam jiwanya. Tanda dan gejala yang muncul pada kondisi tersebut seperti kulitnya memerah, dia terlihat sesak napas, atau menggaruk-garuk tubuhnya karena gatal. Jika Si Kecil mengalami hal tersebut, segera bawa ke rumah sakit, karena ini merupakan keadaan darurat medis dan harus segera mendapat penanganan dari dokter.

Cara Mengatasinya

Jika kamu menyusui, kamu disarankan untuk tidak mengonsumsi asupan yang berasal dari 5u5u sapi karena selama masih menyusui, apa pun yang kamu konsumsi akan memengaruhi kandungan ASI-mu.
Nah, jika kamu ingin memberikan 5u5u formula, pilih 5u5u bertuliskan hypoallergenic.5u5u ini bisa memecah protein pada 5u5u. Atau, kamu juga bisa memakai 5u5u formula yang berbasis kedelai. Namun sayangnya, ada beberapa bayi pengidap alergi 5u5u sapi yang juga alergi terhadap kedelai.

Yang perlu kamu ketahui adalah jika bayimu mengalami alergi 5u5u sapi, dia juga menjadi lebih mungkin untuk mengalami alergi pada makanan tertentu seperti daging sapi, telur, kedelai, kacang, atau 5u5u yang berasal dari hewan lainnya. Atau mungkin juga alergi pada serbuk sari, tungau, bulu binatang peliharaan, atau zat lainnya.

Alergi pada bayi tentu sangat mengkhawatirkan terutama bagi orang tua. Cara termudah dan terbaik mencegah Si Kecil mengalami alergi 5u5u sapi adalah memberikan ASI selama enam bulan pertamanya. Alasannya, selain sangat baik bagi kesehatannya, bayi yang menyusu ASI juga lebih sedikit mengalami alergi dan infeksi ketimbang bayi yang diberikan 5u5u formula.

0 Response to "Ketauilah Untuk Kamu Para Bunda,,,Inilah Tanda-Tanda Bayimu Alergi Dengan 5u5u Sapi,,,,Penjelasan Dokter Spesiali Anak"

Posting Komentar