Jarak Untuk Merencanakan Kehamilan Setelah Melakukan Cesar,,!!!



Pada ibu yang pernah menjalani operasi sesar, k3h4m1l4n memang sebaiknya ditunda hingga 18 bulan kemudian untuk mencegah terjadinya robekan/ruptur pada rahim.

Semakin sering operasi sesar dilakukan, maka risiko terjadinya ruptur rahim semakin meningkat.

Namun Anda tidak perlu khawatir, selama Anda melakukan kontrol teratur ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda sejak awal k3h4m1l4n.

Berkaitan dengan risiko tersebut, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menjalani rawat inap di rumah sakit saat usia k3h4m1l4n 38 minggu, di mana sudah mulai ditemukan adanya kontraksi rahim.

Dengan kerjasama yang baik antara Anda dan dokter, kemungkinan terjadinya ruptur rahim tersebut dapat diminimalisasikan.

Jika k3h4m1l4n Anda dinyatakan sehat oleh dokter, maka silakan teruskan menyusui. 

Menyusui disarankan untuk diberhentikan apabila pada riwayat k3h4m1l4n sebelumnya terdapat masalah seperti kelahiran prematur, keguguran, dan kontraksi berlebihan.

Jangan takut bahwa janin akan kekurangan gizi karena secara alami tubuh memprioritaskan pemberian zat gizi untuk janin yang sedang tumbuh tanpa mengurangi porsi yang dibutuhkan untuk membentuk ASI. 

Beberapa ibu h4m1l memang ada yang takut menyusui karena secara teori hormon oksitosin yang dihasilkan pada saat penghisapan puting atau pada saat menyusui dapat menyebabkan kontraksi rahim. 

Namun jangan khawatir karena rahim memiliki daya tahan cukup baik untuk mencegah efek hormon oksitosin.

WHO merekomendasikan pemberian ASI sampai usia 2 tahun. Tentunya apabila ingin menyusui di kala h4m1l , pastikan asupan nutrisi ibu h4m1l cukup untuk kebutuhan 3 orang. 

Selalu jaga kesehatan dan kondisi tubuh, jangan terlalu lelah dan cukupkan istirahat, dan pastikan posisi menyusui benar karena puting 5u5u akan lebih peka dan lebih lunak. 

Apabila masih ragu, silakan berkonsultasi langsung dengan dokter kebidanan dan kandungan.
Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.


sumber : Tim Redaksi Klikdokter

0 Response to "Jarak Untuk Merencanakan Kehamilan Setelah Melakukan Cesar,,!!!"

Posting Komentar